URAIAN TUGAS DAN FUNGSI

Dinas Perpustakaan Kabupaten Pacitan secara organisasi terdiri dari :

     1. Kepala Dinas;

     2. Sekretariat;

     3. Bidang Pengembangan Perpustakaan;

     4. Bidang Layanan dan Koleksi Perpustakaan;

     5. Bidang Pembinaan Perpustakaan;

     6. Bidang Kearsipan; dan

     7. Kelompok Jabatan Fungsional.

 

Uraian Tugas :

Kepala Dinas

Kepala Dinas mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan urusan Perpustakaan dan Kearsipan yang meliputi pengembangan perpustakaan, layanan dan koleksi perpustakaan, kearsipan, serta tugas pembantuan yang diberikan kepada Kabupaten.

 

Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi pelaksanaan kegiatan, pembinaan dan pemberian dukungan pelayanan administratif yang meliputi umum, kepegawaian, keuangan, program, evaluasi dan pelaporan kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Dinas,  yang mempunyai fungsi:

  1. Pengkoordinasian dan pembinaan pelaksanaan kegiatan;
  2. Pemberian dukungan pelayanan administrasi umum dan kepegawaian;
  3. Pemberian dukungan pelayanan administrasi keuangan;
  4. Pemberian dukungan pelayanan administrasi program, evaluasi dan pelaporan; dan
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

      Sub Bagian Program Evaluasi dan Pelaporan

      Sub Bagian Program Evaluasi dan Pelaporan  mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan koordinasi penyusunan rencana program dan kegiatan;
  2. Menyiapkan bahan koordinasi penyusunan rencana strategis;
  3. Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data;
  4. Menyiapkan bahan penyusunan laporan;
  5. Menyiapkan bahan penyusunan evaluasi dan laporan kinerja; dan
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

      Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

      Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan dan melaksanakan ketatausahaan perkantoran;
  2. Menyiapkan dan melaksanakan ketatalaksanaan rumah tangga;
  3. Menyiapkan dan melaksanakan ketatalaksanaan perlengkapan dan barang milik daerah;
  4. Menyiapkan dan melaksanakan ketatalaksanaan persuratan dan kearsipan;
  5. Menyiapkan dan melaksanakan ketatalaksanaan kehumasan dan protokol;
  6. Menyiapkan dan melaksanakan ketatalaksanaan kepegawaian; dan
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

       Sub Bagian Keuangan

       Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan pengelolaan anggaran;
  2. Melaksanakan perbendaharaan dan gaji;
  3. Melaksanakan verifikasi dan akuntasi;
  4. Melaksanakan pelaporan keuangan; dan
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Bidang Pengembangan Perpustakaan

Bidang pengembangan perpustakaan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Bidang Pengembangan Perpustakaan dipimpin oleh Kepala Bidang yang mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan, serta pelaksanaan administrasi pengembangan perpustakaan;
  2. Perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan serta pelaksanaan administrasi pembudayaan gemar membaca; dan
  3. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

       Seksi Pengembangan Perpustakaan

       Seksi Pengembangan Perpustakaan mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan pengembangan perpustakaan milik daerah Kabupaten;
  2. Mengkoordinasikan pengembangan perpustakaan dan pemasyarakatan atau sosialisasi;
  3. Mengevaluasi pengembangan perpustakaan;
  4. Melaksanakan penelitian dan pengkajian minat baca masyarakat;
  5. Melaksanakan penelitian dan pengkajian literasi anak;
  6. Melaksanakan festival, lomba, pameran buku, dan kegiatan lain yang mengarah pada peningkatan minat baca masyarakat;
  7. Menginisiasi kerjasama perpustakaan;
  8. Melaksanakan pengelolaan dan penyusunan naskah perjanjian kerjasama;
  9. Melaksanakan pengembangan dan pengelolaan kerjasama antar perpustakaan;
  10. Melaksanakan kerjasama dan promosi meliputi kerjasama antar perpustakaan, antar dinas terkait;
  11. Melaksanakan kegiatan pelibatan masyarakat dalam rangka pembudayaan gemar membaca; 
  12. Membangun jejaring perpustakaan, dan kerjasama dengan pihak ketiga terkait peningkatan kompetensi, dan kecerdasan masyarakat;
  13. Melaksanakan promosi perpustakaan dalam rangka peningkatan kelembagaan (capasity building); dan
  14. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

      Seksi Pembudayaan Gemar Membaca

      Seksi Pembudayaan Gemar Membaca mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan pembudayaan gemar membaca kelompok usia dini, siswa TK/RA/BA, SD/MI, SMP/MTS, Pondok Pesantren, Rumah Ibadah, Rumah Pintar, Organisasi Sosial, dan atau Organisasi kemasyarakatan dan masyarakat lainnya;
  2. Mengkoordinasikan pemasyarakatan atau sosialisasi pembudayaan gemar membaca;
  3. Memberikan bimbingan teknis pembudayaan gemar membaca;
  4. Mengevaluasi pembudayaan gemar membaca; dan
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

Bidang Layanan dan Koleksi Perpustakaan

Bidang Layanan dan koleksi Perpustakaan mempunyai tugas  melaksanakan sebagian tugas dinas yang meliputi pelayanan otomasi serta pengelolaan koleksi. Bidang Layanan dan koleksi perpustakaan mempunyai fungsi :  

  1. Perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan serta pelaksanaan administrasi pelayanan dan otomasi;
  2. Perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan serta pelaksanaan administrasi pengelolaan koleksi; dan
  3. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

       Seksi Pelayanan dan Otomasi

       Seksi Pelayanan dan Otomasi mempunyai tugas :

  1. Menyelenggarakan layanan sirkulasi, layanan informasi, layanan referensi, layanan pinjam antar perpustakaan;
  2. Menyelenggarakan layanan ektensi (Perpustakaan keliling, pojok baca, taman baca, taman bacaan masyarakat dan sejenis lainnya)
  3. Menyusun statistik perpustakaan;
  4. Melaksanakan bimbingan pemustaka; 
  5. Melaksanakan promosi layanan;
  6. Menyediakan kotak saran untuk menampung kebutuhan pemustaka terhadap koleksi perpustakaan;
  7. Melaksanakan kajian kepuasan pemustaka;
  8. Melaksanakan pengelolaan dan pengembangan perangkat keras, lunak, dan pangkalan data; 
  9. Melaksanakan pengelolaan dan pengembangan jaringan otomasi perpustakaan;
  10. Pengelolaan dan pengembangan website; dan
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

       Seksi Pengelolaan Koleksi

       Seksi Pengelolaan Koleksi mempunyai tugas :

  1. Menerima pengolahan, dan verifikasi bahan perpustakaan;
  2. Menyusun deskripsi bibliografi, klasifikasi, penentuan tajuk subyek dan penyelesaian fisik bahan perpustakaan;
  3. Melaksanakan verifikasi, validasi, pemasukan data ke pangkalan data;
  4. Menyusun literature sekunder;
  5. Menyusun kebijakan pengembangan koleksi;
  6. Melaksanakan hunting, seleksi, inventarisasi dan desiderata (kumpulan data bibliografi) bahan perpustakaan;
  7. Melaksanakan pengembangan koleksi bahan perpustakaan melalui pembelian, hadiah, hibah, dan tukar menukar bahan perpustakaan;
  8. Menyusun penganekaragaman bahan perpustakaan yang mencakup kegiatan transliterasi (alih aksara), translasi (terjemahan) dan sejenisnya;
  9. Melaksanakan stock opname dan penyiangan bahan perpustakaan (weeding); 
  10. Melaksanakan survey kondisi bahan perpustakaan;
  11. Melaksanakan fumigasi (pengasapan) bahan perpustakaan;
  12. Melaksanakan control kondisi ruang penyimpanan;
  13. Melaksanakan pemutihan, deasidifikasi (pengasaman), mending (menambah atau mengurangi) dan filling bahan perpustakaan;
  14. Melaksanakan survey kondisi bahan perpustakaan;
  15. Melaksanakan penjilidan dan perbaikan bahan perpustakaan;
  16. Membuat folder, pamphlet binding, cover, map dan portepel; dan
  17. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

Bidang Pembinaan Perpustakaan

Bidang Pembinaan Perpustakaan melaksanakan sebagian tugas dinas yang meliputi pembinaan perpustakaan dan pembinaan sumber daya. Bidang Pembinaan Perpustakaan  mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan , pelaksanaan kebijakan, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan, serta pelaksanaan administrasi pembinaan perpustakaan;
  2. Perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan, serta pelaksanaan administrasi pembinaan sumber daya; dan
  3. Melaksanakan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

       Seksi Pembinaan Perpustakaan

       Seksi Pembinaan Perpustakaan  mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan pembinaan perpustakaan milik daerah Kabupaten;
  2. Melaksanakan norma, standar, prosedur dan kriteria perpustakaan; 
  3. Melaksanakan bimbingan teknis, peningkatan kemampuan teknis kepustakawanan dan pengelola perpustakaan; 
  4. Melaksanakan sosialisasi;
  5. Melaksanakan evaluasi pembinaan perpustakaan milik daerah Kabupaten;  dan
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

        Seksi Pembinaan Sumber Daya

        Seksi Pembinaan Sumber Daya mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan pembinaan sumberdaya perpustakaan;
  2. Mengkoordinasikan Pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan;
  3. Melaksanakan pendataan tenaga perpustakaan;
  4. Melaksanakan bimbingan teknis pengelola perpustakaan;
  5. Melaksanakan pelatihan tenaga pengelola perpustakaan;
  6. Melaksanakan peningkatan kemampuan teknis kepustakawanan;
  7. Melaksanakan penilaian angka kredit pustakawan;
  8. Melaksanakan evaluasi pembinaan tenaga perpustakaan; dan
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Bidang Kearsipan

Bidang Kearsipan mempunyai tugas dinas yang meliputi pengelolaan arsip dan perlindungan arsip. Bidang Kearsipan menyelenggarakan fungsi :

  1. Merumuskan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan, serta pelaksanaan administrasi pengelolaan arsip;
  2. Merumuskan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan serta pelaksanaan administrasi perlindungan arsip; dan
  3. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

       Seksi Pengelolaan

       Seksi Pengelolaan mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan rencana program kerja pada perangkat daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, desa, organisasi kemasyarakatan dan tokoh masyarakat;
  2. Melakukan pemindahan arsip inaktif di lingkungan pemerintah daerah; 
  3. Melakukan pembinaan dan penyuluhan pengelolaan arsip dinamis;
  4. Melakukan pengelolaan arsip statis;
  5. Melakukan penyusutan arsip;
  6. Menyediakan dan menyajikan arsip inaktif untuk kepentingan penggunaan internal dan kepentingan publik; 
  7. Melakukan pemeliharaan arsip inaktif melalui kegiatan penataan dan penyimpanan arsip inaktif;
  8. Melakukan pengaturan fisik arsip, pengolahan informasi arsip dan penyusunan daftar arsip inaktif;
  9. Melaksanakan program arsip vital; 
  10. Melaksanakan monitoring, penilaian dan verifikasi terhadap fisik arsip dan daftar arsip;
  11. Melaksanakan persiapan penetapan status arsip statis;
  12. Melaksanakan penataan fisik dan informasi arsip statis; 
  13. Menyusun guide, daftar, dan inventaris arsip statis; 
  14. Mengelola database informasi kearsipan;
  15. Mengelola sistem informasi kearsipan dinamis; 
  16. Mengelola sistem informasi kearsipan statis; dan
  17. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

       Seksi Perlindungan

       Seksi Perlindungan mempunyai tugas :

  1. Merencanakan dan melaksanakan program kerja perlindungan arsip;
  2. Melaksanakan akuisisi arsip statis;
  3. Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan dalam rangka perlindungan dan penyelamatan arsip;
  4. Melaksanakan perlindungan, perawatan dan perbaikan arsip statis serta penyelamatan arsip statis akibat bencana;
  5. Melaksanakan persiapan penyerahan arsip statis menerima fisik arsip dan daftar arsip; 
  6. Melaksanakan pengamanan penyelamatan arsip perangkat daerah;
  7. Melaksanakan preservasi, penyimpanan, pemeliharaan, fumigasi dan perlindungan arsip statis;
  8. Melaksanakan alih media dan reproduksi arsip statis;
  9. Melaksanakan pengujian autentisitas arsip statis;
  10. Melaksanakan restorasi arsip statis; 
  11. Melaksanakan sistem informasi kearsipan nasional;
  12. Mengunggah data informasi kearsipan kedalam sistem informasi kearsipan;
  13. Melaksanakan evaluasi secara berkala terhadap penyelenggaraan sistem informasi kearsipan nasional dan jaringan informasi kearsipan nasional sebagai simpul jaringan dan menyampaikan hasilnya kepada pusat jaringan nasional;
  14. Menyediakan akses dan layanan informasi kearsipan melalui jaringan informasi kearsipan nasional;
  15. Melaksanakan pelayanan terhadap penggunaan arsip;
  16. Melakukan penyajian informasi arsip; 
  17. Melakukan penelusuran arsip statis; 
  18. Menyiapkan bahan dalam rangka penerbitan naskah sumber arsip;
  19. Melaksanakan pameran arsip statis dan mengelola pengaduan masyarakat;
  20. Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pelaksanaan, pemberian bimbingan dan konsultasi, dan pengendalian di bidang  perencanaan kebutuhan jabatan fungsional arsiparis di daerah, serta bimbingan dan konsultasi sumberdaya manusia kearsipan, pengelolaan data, evaluasi fungsi dan tugas jabatan arsiparis; dan
  21. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Kelompok Jabatan Fungsional

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melakukan kegiatan sesuai dengan bidang tenaga fungsional masing-masing berdasarkan peraturan-undangan yang berlaku. Tugas pokok dan fungsi Dinas Perpustakaan, sebagai berikut : 

  1. Mendorong peningkatan jumlah perpustakaan dan Taman Bacaan serta Komunitas Baca masyarakat Pacitan;
  2. Mengembangkan dan melestarikan bahan pustaka tercetak maupun terekam serta arsip-arsip bernilai guna tinggi;
  3. Mengembangkan dan memperluas kesempatan masyarakat untuk memperoleh informasi ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesempatan membaca dan belajar melalui layanan prima perpustakaan;
  4. Terwujudnya sistem administrasi kearsipan yang berkualitas dan SDM kearsipan yang profesional;
  5. Terwujudnya penyelamatan dan pelestarian arsip yang bernilai guna;
  6. Terwujudnya kesadaran kearsipan dan peningkatan pelayanan informasi kearsipan; 
  7. Mendorong terwujudnya sumber daya manusia yang profesional dan terampil di bidang perpustakaan dan kearsipan; dan
  8. Membantu memfasilitasi pengembangan serta pemenuhan perlengkapan sarana prasarana yang memadai bagi seluruh jenis perpustakaan dan arsip.
klik subscribe, like, share, and comment
Follow instagram kami @dinasperpusdapacitan
Email: perpustakaan@pacitankab.go.id
Open chat