Pembinaan Data Perpustakaan Tingkat Sekolah Dasar di SDN 2 Gunungsari Kecamatan Arjosari

Pembinaan Data Perpustakaan Tingkat Sekolah Dasar di SDN 2 Gunungsari Kecamatan Arjosari

Rabu, 03 Maret 2020, Bidang Pembinaan Dinas Perpustakaan Kabupaten Pacitan bekerjasama dengan Bidang Layanan dan Koleksi Dinas Perpustakaan Kabupaten Pacitan memberikan pembinaan perpustakaan terhadap SDN 2 Gunungsari Kecamatan Arjosari.

Bidang Pembinaan diwakili oleh Drs. Sujiran Setya Budi, M. Pd (Kasi Pembinaan Perpustakaan), Tegar Wahyu Priambodo (Tenaga Teknis Perpustakaan). Sedangkan Bidang Koleksi dan Layanan diwakili oleh Deni Andriana (Tenaga Teknis Perpustakaan) dan Surya Rien Kristanti (Tenaga Teknis Perpustakaan). Rombongan diterima dengan respon yang sangat baik dari pihak sekolah yang diwakili oleh “Bu Guru Datik” dan “Mbak Herlina” (Read: Herlina Wijayanti; Pengelola Perpustakaan SDN 2 Gunungsari).

Drs. Sujiran Setya Budi, M. Pd memberikan pengarahan kepada pengelola Perpustakaan SDN 2 Gunungsari Kecamatan Arjosari mengenai pembinaan data perpustakaan sekolah dasar. Kemudian dilanjutkan oleh Bidang Koleksi dan Layanan untuk mengenalkan Aplikasi INLISLite dan melatih penggunaan aplikasi perpustakaan tersebut kepada Herlina.

Rupanya tidak membutuhkan waktu lama untuk menyerap ilmu dari petugas pelatih bagi jebolan Alumni UT jurusan S1- Perpustakaan tersebut. Hanya dalam kurun waktu 2 jam sudah mampu menguasai materi yang diberikan. Pelatihan itu sendiri dilakukan di ruang perpustakaan milik SDN 2 Gunungsari yang memang memiliki ukuran yang luas.

SDN 2 Gunungsari menjadi sekolah dasar pertama di Kecamatan Arjosari yang dikunjungi pertama oleh Dinas Perpustakaan Kabupaten Pacitan dalam rangka pelatihan dan pembinaan terjun langsung ke lapangan. Sebelumnya pada bulan November 2020 juga banyak lembaga sekolah yang beralamat di Kecamatan Arjosari yang ikut serta menjadi peserta pelatihan INLISLite di kantor Perpusda Pacitan.

Harapan Dinas Perpustakaan Kabupaten Pacitan, setelah diadakan kunjungan pembinaan data perpustakaan dan pelatihan INLISLite di SDN 2 Gunungsari ini mampu menjadi cambukan bagi sekolah lainnya untuk mulai bangkit dan lebih mengikuti perkembangan jaman yang serba IT dan tidak lagi mengelola perpustakaan secara manual.

Dinas Perpustakaaan Kabupaten Pacitan sendiri membuka pintu bagi lembaga mana saja yang ingin mendapatkan pembinaan data perpustakaan dan bantuan Aplikasi Perpustakaan INLISLite secara gratis demi terwujud perpustakaan yang sudah ter-otomasi.

(Penulis: Ryn Surya/Setya Budi/Joko Wahyudi/Doc: Deni Andriana/Ryn Surya/Bidang Layanan dan Koleksi/Bidang Pembinaan Perpustakaan/Dinas Perpustakaan Kabupaten Pacitan)

Please follow and like us:
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

klik subscribe, like, share, and comment
Follow instagram kami @dinasperpusdapacitan
Email: perpustakaan@pacitankab.go.id
Open chat